RENCANA PROSES PEMBELAJARAN
RPP
Satuan Pendidikan : SMK (SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN)
Paket Keahlian : TSM (TEKNIK SEPEDA MOTOR)
Mata pelajaran : Teknik Listrik Dasar Otomotif
Standard Kompetensi : Pemeliharaan / Service Konstruksi dan Menguji
Baterai.
Alokasi Waktu : 3 x 40 menit )
Jumlah Pertemuan : 3 x Pertemuan
A.Kompetensi
Dasar : Pemeliharaan
/ Service Konstruksi dan Menguji Baterai
B.Kompetensi
Inti:
KI.
1 : Menyadari atas kebesaran yang maha kuasa, telah
menciptakan dan mengatur segalanya
melalui pengamatan alam semesta.
KI. 2 : Jujur,disiplin, tanggung jawab, peduli,
sopan santun, percaya diri, dan rasa ingin
tahu.
KI. 3 : Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural,bersadarkan rasa
ingin
tahunya tentang Ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait
fenomena
dan kejadian tampak.
KI. 4 : Mencoba mengelola dan menyaji dalam
ranah kongkrit (Menggunakan mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (Menulis, membaca,
menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari
disekolah dan dari sumber lain yang sama
dalam sudut pandang / teori.
c.Indikator.
1.
Peserta didik mampu mengenal dan memahami komponen – komponen baterai
2.
Peserta didik melaksanakan pemeriksaan barterai secara teliti.
3.
Peserta didik dapat mengidentifikasi tipe – tipe baterai.
D.Tujuan
Pembelajaran.
Setelah mempelajari materi pelajaran
peserta didik :
1.Mengenal
dan memahami komponen – komponen
baterai.
2.Dapat
melaksanakan pemeliharaan / servise baterai.
3.Dapat
mengidentifikasi tipe – tipe baterai.
E. Kegiatan Belajar Mengajar.
1. Setting Pembelajaran :
Membentuk kelompok dan bediskusi.
2. Metode Pembelajaran : Mengembangkan
materi yang telah dipelajari.
3. Alat Peraga :
Unit baterai, Alat ukur (Hydrometer)
4. Materi :
KONSTRUSI BATERAI
5.
Media dan sumber Pembelajaran :
Buku / Modul Pemeliharaan / Service Konstruksi
Baterai Infomasi dsri internet, dan unit
bateari.
F.Pendahuluan.
1. Guru
mengimformasikan model pembelajaran yang akan diterapkan, penggunaan Lembar
Aktifan
Siswa (LAS), tugas – tugas yang akan
dikerjakan siswa dalam Pembelajaran, pembentukan
kelompok belajar.
2. Melakukan
persepsi dan motivasi siswa dengan menyampaikan tujuan pembelajarandan
kegunaan mempelajari materi Pemeliharaan / Service Konstruksi dan Menguji
Baterai.
II.
Kegiatan Inti.
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Metode
|
a.
Menyajikan masalah konstekstual
A (LAS)
b.
Gurusebagai fasilisator memberi
bantuan pada siswa untuk memahami masalah konstekstual.
c.
Guru sebagai fasilisator,
berkeliling dari
kelompok yang satu kekelompok yang
lain mengamati dan memberi dorongan tentang berbagai kemungkinan model of
yang sesuai.
d.
Meminta salah satu seorang siswa
untuk menyajikan model dan cara penyelesaian soal didepan kelas.
e.
Memberi kesempatan pada beberapa
orang siswa lain untuk menyajikan model of lain yang berbeda.
f.
Memberi kesempatan pada siswa
untuk menanggapi dan memilih model of yang sesuai dan benar.
g.
Guru melakukan negosiasi,
intervensi kooperatif, penjelasan, refleksi, dan evaluasi, untuk membimbing
siswa hingga sampai memahami konsep matematika formal.
|
Secara kelompk siswa menyelesaikan
Menyajikan masalah konstekstual A (LAS) dengan tahapan kegiatan
yangndilakukan siwa sebagai berikut :
a.
Membaca man memahami masalah
konstekstual sehingga diharapkan siswa dapat
melaksanakan Pemeliharaan / Service Konstruksi dan Menguji Baterai .
b.
Merumuskan model of dan cara
menyelesaian masalah yang dilanjutkan dengan menyajikan didepan kelas.
Untuk
soal kontekstual :
1. Sebuah baterai kendaraan mengalami kesulitan dalam mengalirkan tenaga
(arus). Buatlah penyelesaikan masalah tersebut !
Cara
Penyelesaian :
a.
Pemeriksaan terhadap unit
baterai dan komponen – komponennya.
b.
Terdapat komponen baterai yang
rusak.
c.
Usia baterai yang sudah terlalu
lama.
d.
Perawatan baterai yang kurang
teratur.
Dengan konsep
penganalisaan terhadap komponen baterai maka diperoleh bahwa paktor usia
baterai sudah lama.
e.
Dalam hal ini diperoleh suatu
penyelesaian dari permasalahan baterai diatas adalah tidak kesesuaian pada
massa (paktor usia) baterai yang sudah lama.
|
Praktek
|
G.
Alat dan sumber belajar.
Alat
dan bahan:
1.
Spidol dan white board, penghapus,
papan tulis.
Sumber belajar:
1)
Buku/modul Pemeliharaan/service
baterai manual Perc.TEDC Bandung Edisi 2004.
2)
Modul Pemeliharaan/service baterai
(Penerb. ARYA DUTA, Edisi April 2008)
3)
Penulis: Drs. Fathun Muharto, MPd.
Dan Dadan Suprianto, SPd
4)
Unit Baterai
5)
Unit kendaraan : Mobil dan
sepedada motor
6)
Internet
7)
Bengkel SMK BINA SATRIA MEDAN
III. penutup
Membimbing peserta didik membuat rangkuman hasil pengamatan materi Pemeliharaan
/ Service
baterai!
Memberi tugas untuk soal – soal yang belum sempat dibahas.
H. Penilaian
No
|
Soal
|
Sekor
|
1
|
Tuliskan fungsi baterai dan satuannya !
|
20
|
2
|
Tuliskan jenis
– jenis baterai anda ketahui !
|
20
|
3
|
Tulliskan jumlah
sel jika sebuah baterai dikataka 12 volt
|
30
|
4
|
Tuliskan
pengertian elektrolit baterai !
|
30
|
Jumlah
|
100
|
Kunci Jawaban :
1. Sebagai tenaga / energi listrik yang digunakan oleh sistem stater dan
sistem kelistrikan pada suatu kendaraan.
2. Kotak baterai.terminal baterai, elektrolit, tutup baterai, dan sel
baterai.
3. yaitu 3 sel, tiapm sel baterai menghasilkan tegangan 2 Volt.
4. Adalah merupakan campuran antara air suling (H2O), dengan
zat asam sulfat (H2SO4)
Diketahui
Medan,......................................
Ka. SMK Harapan Mekar 1 - Medan
Guru Mata Pelajaran
(Martua Nasution,ST)
(SODIKIN,ST)
RENCANA
PROSES PEMBELAJARAN
RPP
Satuan Pendidikan : SMK (SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN)
Paket Keahlian : TKR (TEHNIK KENDARAAN RINGAN)
Mata pelajaran : Kompetensi Kejuruan Teknik Kendaraan
Ringan
Standard Kompetensi : Pemeliharaan / Service Konstruksi dan Menguji
Baterai.
Alokasi Waktu : 3 x 40 menit )
Jumlah Pertemuan : 3 x Pertemuan
A.Kompetensi
Dasar: Pemeliharaan / Service Konstruksi dan Menguji
Baterai
B.Kompetensi
Inti:
KI. 1 : Menyadari atas kebesaran yang maha kuasa,
telah menciptakan dan mengatur segalanya
melalui pengamatan alam semesta.
KI. 2 : Jujur,disiplin, tanggung jawab, peduli,
sopan santun, percaya diri, dan rasa ingin
tahu.
KI. 3 : Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural,bersadarkan rasa
ingin
tahunya tentang Ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait
fenomena
dan kejadian tampak.
KI. 4 : Mencoba mengelola dan menyaji dalam
ranah kongkrit (Menggunakan mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (Menulis, membaca,
menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari
disekolah dan dari sumber lain yang sama
dalam sudut pandang / teori.
c.Indikator.
1.
Peserta didik memahami bagian – bagian dari konstruksi baterai.
2.
Peserta didik melaksanakan pemeriksaan barterai secara teliti.
3.
Peserta didik dapat mengidentifikasi tipe – tipe baterai.
D.Tujuan
Pembelajaran.
Setelah mempelajari materi
pelajaran peserta didik :
1.Mengenal
dan memahami komponen – komponen
baterai.
2.Dapat
melaksanakan pemeliharaan / servise baterai.
3.Dapat
mengidentifikasi tipe – tipe baterai.
E. Kegiatan Belajar Mengajar.
1. Setting Pembelajaran :
Membentuk kelompok dan bediskusi.
2. Metode Pembelajaran : Mengembangkan
materi yang telah dipelajari.
3. Alat Peraga :
Unit baterai, Alat ukur (Hydrometer)
4. Materi : KONSTRUSI
BATERAI
5.
Media dan sumber Pembelajaran :
Buku / Modul Pemeliharaan / Service Konstruksi
Baterai Infomasi dari internet, dan unit
bateari.
F.Pendahuluan.
1. Guru
mengimformasikan model pembelajaran yang akan diterapkan, penggunaan Lembar
Aktifan
Siswa (LAS), tugas – tugas yang akan
dikerjakan siswa dalam Pembelajaran, pembentukan
kelompok belajar.
2. Melakukan
persepsi dan motivasi siswa dengan menyampaikan tujuan pembelajarandan
kegunaan mempelajari materi Pemeliharaan / Service Konstruksi dan Menguji
Baterai.
II.
Kegiatan Inti.
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Metode
|
1.
Menyajikan masalah konstekstual
A (LAS)
2.
Gurusebagai fasilisator memberi
bantuan pada siswa untuk memahami masalah konstekstual.
3.
Guru sebagai fasilisator,
berkeliling dari
kelompok yang satu kekelompok yang
lain mengamati dan memberi dorongan tentang berbagai kemungkinan model of
yang sesuai.
4.
Meminta salah satu seorang siswa
untuk menyajikan model dan cara penyelesaian soal didepan kelas.
5.
Memberi kesempatan pada beberapa
orang siswa lain untuk menyajikan model of lain yang berbeda.
6.
Memberi kesempatan pada siswa
untuk menanggapi dan memilih model of yang sesuai dan benar.
7.
Guru melakukan negosiasi,
intervensi kooperatif, penjelasan, refleksi, dan evaluasi, untuk membimbing
siswa hingga sampai memahami konsep matematika formal.
|
Secara kelompk siswa menyelesaikan
Menyajikan masalah konstekstual A (LAS) dengan tahapan kegiatan
yangndilakukan siwa sebagai berikut :
1.
Membaca man memahami masalah
konstekstual sehingga diharapkan siswa dapat
melaksanakan Pemeliharaan / Service Konstruksi dan Menguji Baterai .
2.
Merumuskan model of dan cara
menyelesaian masalah yang dilanjutkan dengan menyajikan didepan kelas.
Untuk
soal kontekstual :
1.
Sebuah baterai kendaraan mengalami
kesulitan dalam mengalirkan tenaga (arus). Buatlah penyelesaikan masalah
tersebut !
Cara
Penyelesaian :
1.
Pemeriksaan terhadap unit
baterai dan komponen – komponennya.
2.
Terdapat komponen baterai yang
rusak.
3.
Usia baterai yang sudah terlalu
lama.
4.
Perawatan baterai yang kurang
teratur.
Dengan konsep
penganalisaan terhadap komponen baterai maka diperoleh bahwa paktor usia
baterai sudah lama
5.
Dalam hal ini diperoleh suatu
penyelesaian dari permasalahan baterai diatas adalah tidak kesesuaian pada
massa (paktor usia) baterai yang sudah lama.
|
Praktek
|
G. Alat dan sumber belajar.
Alat
dan bahan:
1.
Spidol dan white board, penghapus,
papan tulis.
Sumber belajar:
a.
Buku/modul Pemeliharaan/service
baterai manual Perc.TEDC Bandung Edisi 2004
b.
Modul Pemeliharaan/service baterai
(Penerb. ARYA DUTA, Edisi April 2008)
c.
Penulis: Drs. Fathun Muharto, MPd. Dan Dadan
Suprianto, SPd
d.
Unit Baterai
e.
Unit kendaraan : Mobil dan
sepedada motor
f.
Internet
g.
Bengkel SMK BINA SARIA MEDAN
III. penutup
1. Membimbing peserta didik membuat rangkuman hasil pengamatan materi Pemeliharaan
/ Service baterai!
2. Memberi tugas untuk soal – soal yang belum sempat dibahas.
H. Penilaian
No
|
Soal
|
Sekor
|
1
|
Tuliskan fungsi baterai dan satuannya !
|
20
|
2
|
Tuliskan jenis
– jenis baterai anda ketahui !
|
20
|
3
|
Tulliskan jumlah
sel jika sebuah baterai dikataka 12 volt
|
30
|
4
|
Tuliskan
pengertian elektrolit baterai !
|
30
|
Jumlah
|
100
|
Kunci Jawaban
:
1) Sebagai tenaga / energi listrik yang digunakan oleh sistem stater dan
sistem kelistrikan pada
suatu kendaraan.
2) Kotak baterai.terminal baterai, elektrolit, tutup baterai, dan sel
baterai.
3) yaitu 3 sel,tiap sel baterai menghasilkan tegangan 2 Volt.
4) Adalah merupakan campuran antara air suling (H2O), dengan
zat asam sulfat (H2SO4)
Diketahui
Medan,......................................
Ka. SMK Harapan Mekar 1 - Medan
Guru Mata Pelajaran
(Martua Nasution,ST)
(SODIKIN,ST)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar