Senin, 25 April 2016

SILABUS JANGKA SORONG



SILABUS MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF (PENGGUNAAN JANGKA SORONG)
(DASAR BIDANG KEAHLIAN TEKNOLOGI DAN REKAYASA)



Satuan Pendidikan        : SMK / MAK
Kelas                               : X

Kompetensi Inti
KI-1.  
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2.  
Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
 santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
 berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
 dalam pergaulan dunia.
KI-3.  
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
 kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan
 masalah.
KI-4.  
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.




Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1.  Lingkungan hidup dan sumber daya alam sebagai anugrah Tuhan yang maha Esa harus dijaga kelestarian dan kelangsungan hidupnya.
1.2.  Pengembangan dan penggunaan teknologi dalam kegiatan belajar harus selaras dan tidak merusak dan mencemari lingkungan, alam dan manusia





2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti dalam memahami dan membaca jangka sorong sesuai SOP
2.1   Menunjukkan sikap disiplin dan tanggung jawab dalam melaksanakan langkah-langkah kerja sesuai standar kerja / SOP





3.1     Mengidentifikasi jenis-jenis jangka sorong dan fungsinya

4.1     Menggunakan jangka sorong sesuai operation manual


·         Satuan metric dan british
·     Jenis, spesifikasi dan fungsi jangka sorong
·      Penggunaan jangka sorong

Mengamati
Tayangan atau paparan disertai gambar atau benda asli sebagai contoh, dari berbagai jangka sorong
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau paparan.
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi fungsi masing-masing jangka sorong
Mengasosiasi
Membuat ulasan tentang kesamaan dan perbedaan fungsi macam-macam jangka sorong
Mengkomunikasikan
Melakukan pengukuran dan hasilnya pembacaanya dikomunikasikan peda guru.
Tugas
·         Menyelesaikan soal-soal turuna matric dan konversi ke dalam satuan british

·         Menuliskan nama jenis-jenis jangka sorong dan penggunaannya.
.
Observasi
Mengamati keaktifan dan kemampuan siswa dalam membaca hasil pengukuran


Tes
Pilihan Ganda/Essay
32 JP
·         Sri Wahyuni dkk. 2008. Alat Ukur dan teknik pengukuran (jilid 1). Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan
·         Th. Katman. 2009. Modul: Penggunaan dan Pemeliharaan Alat Ukur SMK dan MAK. Surabaya: Erlangga.
·         Kosim. 2005. Penggunaan Dan Pemeliharaan Alat-Alat Ukur. Jakarta:  Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan
3.2     Pemeliharaan jangka sorong
4.2     Merawat jangka sorong sesuai SOP dan service manual

·     Sistem pemeliharaan jangka sorong
Mengamati
·      Tayangan atau paparan disertai gambar tentang pemeliharaan jangka sorong
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau paparan.
Mengeksplorasi
·      Mengeksplorasi penyimpanan jangka sorong yang benar
Mengasosiasi
Membuat ulasan tentang perbedaan secara mendasar tentang perbedaan pemelihaan jangka sorong Mengkomunikasikan
Melakukan penataan dan pemeliharaan jangka sorong
Tugas
Menuliskan prosedur perawatan jenis-jenis jangka sorong
Portofolio
·  Membuat laporan tentang hasil kerja mandiri/kelompok tentang pemeliharaan jangka sorong
Observasi
Mengamati keaktifan siswa dalam melakukan praktik perawatan jangka sorong
Tes
Pilihan Ganda/Essay
16 JP

·         Sri Wahyuni dkk. 2008. Alat Ukur dan teknik pengukuran (jilid 1). Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan
·         Th. Katman. 2009. Modul: Penggunaan dan Pemeliharaan Alat Ukur SMK dan MAK. Surabaya: Erlangga.
·         Kosim. 2005. Penggunaan Dan Pemeliharaan Alat-Alat Ukur. Jakarta:  Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar