SILABUS MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF (PENGGUNAAN JANGKA
SORONG)
(DASAR BIDANG KEAHLIAN TEKNOLOGI DAN REKAYASA)
Satuan Pendidikan : SMK / MAK
Kelas : X
Kompetensi Inti
|
KI-1.
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
|
KI-2.
|
Menghayati
dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa
dalam pergaulan dunia.
|
|
KI-3.
|
Memahami, menerapkan dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural berdasarkan rasa ingin
tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan
masalah.
|
|
KI-4.
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang
dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas
spesifik dibawah pengawasan langsung.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
1.1.
Lingkungan
hidup dan sumber daya alam sebagai anugrah Tuhan yang maha Esa harus dijaga
kelestarian dan kelangsungan hidupnya.
1.2. Pengembangan dan penggunaan teknologi dalam kegiatan
belajar harus selaras dan tidak merusak dan mencemari lingkungan, alam dan
manusia
|
|
|
|
|
|
|
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti dalam
memahami dan membaca jangka sorong sesuai SOP
2.1
Menunjukkan sikap
disiplin dan tanggung jawab dalam melaksanakan langkah-langkah kerja sesuai
standar kerja / SOP
|
|
|
|
|
|
|
3.1 Mengidentifikasi jenis-jenis jangka sorong dan fungsinya
4.1 Menggunakan jangka
sorong sesuai
operation manual
|
·
Satuan metric dan british
· Jenis, spesifikasi dan fungsi jangka sorong
· Penggunaan jangka sorong
|
Mengamati
Tayangan atau paparan
disertai gambar atau benda asli sebagai contoh, dari berbagai jangka sorong
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau paparan.
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi
fungsi masing-masing jangka sorong
Mengasosiasi
Membuat
ulasan tentang kesamaan dan perbedaan fungsi macam-macam jangka sorong
Mengkomunikasikan
Melakukan
pengukuran dan hasilnya pembacaanya dikomunikasikan peda guru.
|
Tugas
·
Menyelesaikan
soal-soal turuna matric dan konversi ke dalam satuan british
·
Menuliskan nama
jenis-jenis jangka sorong
dan penggunaannya.
.
Observasi
Mengamati
keaktifan dan kemampuan siswa dalam membaca hasil pengukuran
Tes
Pilihan
Ganda/Essay
|
32 JP
|
·
Sri
Wahyuni dkk. 2008. Alat Ukur dan teknik pengukuran (jilid 1). Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan
·
Th. Katman. 2009. Modul: Penggunaan dan Pemeliharaan Alat Ukur SMK dan MAK. Surabaya:
Erlangga.
·
Kosim. 2005. Penggunaan Dan
Pemeliharaan Alat-Alat Ukur. Jakarta: Direktorat Pendidikan
Menengah Kejuruan
|
|
3.2 Pemeliharaan jangka sorong
4.2 Merawat jangka
sorong sesuai SOP dan
service manual
|
· Sistem pemeliharaan jangka sorong
|
Mengamati
· Tayangan atau paparan disertai gambar tentang pemeliharaan jangka sorong
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau paparan.
Mengeksplorasi
· Mengeksplorasi penyimpanan jangka sorong yang benar
Mengasosiasi
Membuat
ulasan tentang perbedaan secara mendasar tentang perbedaan pemelihaan jangka sorong Mengkomunikasikan
Melakukan
penataan dan pemeliharaan jangka sorong
|
Tugas
Menuliskan
prosedur perawatan jenis-jenis jangka
sorong
Portofolio
· Membuat laporan tentang hasil kerja mandiri/kelompok tentang pemeliharaan jangka sorong
Observasi
Mengamati
keaktifan siswa dalam melakukan praktik perawatan jangka sorong
Tes
Pilihan
Ganda/Essay
|
16 JP
|
·
Sri
Wahyuni dkk. 2008. Alat Ukur dan teknik pengukuran (jilid 1). Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan
·
Th. Katman. 2009. Modul: Penggunaan dan Pemeliharaan Alat Ukur SMK dan MAK. Surabaya:
Erlangga.
·
Kosim. 2005. Penggunaan Dan
Pemeliharaan Alat-Alat Ukur. Jakarta: Direktorat Pendidikan
Menengah Kejuruan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar