Selasa, 19 April 2016

RPP JANGKA SORONG


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan   : SMK N 2 BINJAI
Kelas/Semester     : X / I
Mata Pelajaran       : Keterampilan Dasar Teknik Otomotif
Topik                           : Penggunaan Jangka Sorong
Pertemuan ke-       : 1

A.        Kompetensi Inti        
1.         Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.         Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.         Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual,prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.         Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.         Kompetensi Dasar
1.1 Lingkungan hidup dan sumber daya alam sebagai anugrah Tuhan yang maha Esa harus dijaga kelestarian dan kelangsungan hidupnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti dalam memahami dan membaca jangka sorong sesuai SOP
2.2 Menunjukkan sikap disiplin dan tanggung jawab dalam melaksanakan langkah-langkah kerja sesuai standar kerja / SOP
3.1 Mengidentifikasi jenis-jenis jangka sorong dan fungsinya
4.1 Menggunakan jangka sorong sesuai operation manual
C.         Indikator Pencapaian Kompetensi 
1.         Menunjukkan nilai-nilai syukur pada ciptaan Tuhan YME berupa alam semesta beserta isinya
2.         Menunjukkan sikap cermat dan teliti dalam menginterpretasikan dan mengidentifikasi bagian-bagian dari jangka sorong
3.         Menunjukkan sikap cermat dan teliti dalam menginterpretasikan dan mengidentifikasi kegunaan jangka sorong
4.         Menunjukkan sikap cermat dan teliti dalam memahami fungsi jangka sorong
5.         Mengidentifikasi ketelitian jangka sorong
6.         Menyajikan hasil pembacaan pengukuran jangka sorong        
D.        Tujuan Pembelajaran
         Melalui diskusi, mengamati dan membaca referensi siswa dapat:
1.     Mengidentifikasi bagian-bagian jangka sorong sesuai dengan fungsi dan penggunaannya
2.     Menggunakan jangka sorong sesuai dimensi yang diukur dan operation manual
E.         Materi Ajar
1.         Jenis, spesifikasi dan fungsi jangka sorong
2.         Penggunaan jangka sorong
F.         Alokasi Waktu
2 x 45 menit
G.        Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran
Pendekatan: Saintifik
Strategi         : CooperativeJigsaw
Metode        : Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan
H.       Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Memberikan salam
·         Menanyakan kepada siswa kesiapan dan kenyamanan untuk belajar
·         Menanyakan kehadiran siswa
·         Mempersilakan salah satu siswa memimpin doa
·         Tanya jawab bagaimana mengukur benda yang memiliki ketebalan kecil
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran melalui power point
10 menit
Inti
·         Menayangkan gambar jangka sorong melalui power point serta melakukan tanya jawab singkat
·         Siswa mendapatkan penjelasan tentang konstruksi dan fungsi bagian-bagian jangka sorong  
·         Siswa mendapatkan penjelasan tentang ketelitian jangka sorong
·         Siswa mendapatkan penjelasan tentang cara penggunaan jangka sorong
·         Siswa dibagi ke dalam 6 kelompok yang beranggotakan 5-6 orang (kelompok awal)
·         Setiap kelompok mendapatkan tugas:
1.         Pengukuran dengan menggunakan jangka sorong
2.         Menyajikan hasil pengukuran yang telah dilakukan
·         Setiap perwakilan kelompok melaporkan hasil pengukurannya
·         Siswa /kelompok yang lain menanggapi
60 menit
Penutup
·         Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi tentang jenis, spesifikasi, fungsi jangka sorong dan penggunannya
·         Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
·         Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran
·         Siswa mencatat tugas fungsi dan penggunaan jangka sorong yang akan dikumpulkan 1 minggu yang akan datang
·         Mengucapkan salam
20 menit

I.          Penilaian Hasil Belajar
a.      Tes : Pilihan Ganda (terlampir)
b.     Non Tes
1.         Lembar pengamatan kerja kelompok (terlampir)
2.         Lembar pengamatan presentasi (terlampir)
J.          Alat dan Sumber Belajar :
·       Buku/Modul :
-       Kosim. 2005. Penggunaan dan Pemeliharaan Alat Ukur. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan Dirjen Dikdasmen DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL .
·       White board/papan flanel
·       Power point



Mengetahui,                                                                                                                      Medan, November 2013
Kepala Sekolah,                                                                                                                Guru Mapel,




(                                              )                                                                                              (Moch. Mustain                )
NIP.                                                                                                                                       NIP. 198007032009031 002



LAMPIRAN
A. Tes Soal Pilihan Ganda
1.     Dari gambar dibawah ini, gambar no 6 menunjukkan bagian yang dinamakan ……………………








          a. Skala Utama                                       c. Out side jaws                                    e. In side jaws
          b. Skala Vernier                                    d. Dept bar
2.     Dari gambar soal no.1 diatas, jika kita akan mengukur ketebalan kanvas kopling maka kita menggunakan bagian no ……………
a. 5                                                          c. 3                                          e. 1
b. 4                                                         d. 2
3.     Dari gambar dibawah ini, menunjukkan jangka sorong menggunakan ketelitian …………………        

               






a. 0,05                                                    c. 0,02                                    e. 0,2
                b. 0,1                                                      d. 0,01
4.     Pada gambar dibawah ini, pembacaan hasil pengukuran menunjukkan …………………
               








a. 16,35                                                  c. 16,15                                  e. 15,35
b. 16,25                                                 d. 16,05
5.     Diameter dalam kepala silinder diukur dengan bagian jangka sorong yang disebut ………………..
a. Skala Utama                                       c. Out side jaws                                    e. In side jaws
b. Skala Vernier                                    d. Dept bar
KUNCI JAWABAN :
  1. B. Skala Vernier
  2. E. 1
  3. C. 0,02
  4. A. 16,35
  5. E. Inside jaws










B. Evaluasi Pembelajaran (Proses)


Lembar Pengamatan
Rubrik kegiatan Diskusi
No
Nama Siswa
A s p e k  P e n g a m a t a n
Jumlah
Skor
Nilai
Ket.
Kerja sama
Meng-
komunika
sikan pen-dapat
Toleransi
Keaktifan
Menghargai pendapat teman








































Keterangan Skor :                                                   
Masing-masing kolom diisi dengan kriteria
4 = Baik Sekali
3 = Baik
2 = Cukup
1 = Kurang
                                    Skor perolehan
Nilai     =                                                    X  100
                                    Skor Maksimal (20)                                                 
             Kriteria Nilai
             A    = 80 – 100 : Baik Sekali                  
             B    = 70 – 79   : Baik
             C    = 60 – 69   : Cukup
             D    =‹ 60          : Kurang
Rubrik Penilaian Presentasi
No.
Nama Siswa
A s p e k  P e n i l a i a n
Jumlah
Skor
Nilai
Ket.
Komuni
kasi
Sistemati ka penyam
Paian
Wawa
san
Keberanian
Antusias
Gesture dan penampilan












































Keterangan Skor :                                                   
Masing-masing kolom diisi dengan kriteria
4 = Baik Sekali
3 = Baik
2 = Cukup
1 = Kurang
                                    Skor perolehan
Nilai     =                                                    X  100
                                    Skor Maksimal (20)                                                 
             Kriteria Nilai
             A    = 80 – 100 : Baik Sekali                  
             B    = 70 – 79   : Baik
             C    = 60 – 69   : Cukup
             D    =‹ 60          : Kurang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar